9.03.2013

Jadi Tour Guide di Cirebon

Akhir Agustus kemaren, gw didaulat buat jadi "tour guide" temen kantor se-team yang pengen jalan-jalan di Cirebon. Yaahh...itung-itung liburan sekalian pulkam lah ya. Short weekend yang cuma Sabtu-Minggu, gak ngalangin niat kami buat liburan, dari hasil obrolan n masukan sana-sini ahirnya kita mutusin buat ke Cirebon, dengan pertimbangan gampang diakses n ga terlalu jauh dari Jakarta. Rencana awal ada tiga orang yang bakal join, "emaak" gw alias group head, Nana,  Zura n gw sendiri pastinya.Tapi sayangnya Zura harus batalin gara2 sakit yang gw sendiri gak ngerti, urusan cewek katanya.hahaaa
Sabtu subuh, gw harus siap-siap buat ke Gambir, tapi sebelumnya gw harus jemput partner gw dulu nana yang kebetulan searah. Sekitar jam 05.30 kita sampai di Gambir, sambil nunggu emak gw yang masih on the way. Setelah semuanya ngumpul masuklah kita buat check-in masuk kereta. Sesuai jadwal kereta jalan jam 06.00 pass. Dan pastinya sepanjang jalan banyak diabisin sama ngobrol, makan n foto-foto.hee
Gak berasa kita udah sampai di Stasiun Kejaksan Cirebon, durasi perjalanannya sekitar tiga jam, sesuai estimasi. Dari stasiun kita dijemput pihak hotel tempat kita nginep malam ini, eeh kecuali gw dink...gw ga ikut tidur di hotel tapi balik ke rumah.[nasib guide].

Berhubung waktu check-in hotel sekitar baru bisa jam 2 siang, kita mutusin buat langsung ke tempat tujuan pertama yaitu Keraton Kasepuhan, tapi sebelum kesana kita sarapan makanan khas dulu di Nasi Jamblang Bu Nur yang udah cukup terkenal di Cirebon. Nasi mungil imut-imut yang dibungkus daun jati dengan aneka lauk pauknya jadi pilihan kita. Sambel goreng, telor, ayam, daging, tahu, tempe, ati, ampela, tongkol, aneka pepes tinggal pilih sesuai selera masing-masing.

Selesai urusan perut, kita langsung ke Keraton Kasepuhan, yang merupakan kerajaan tertua di Cirebon yang berdiri dari tahun 1452. Agak malu juga sih sebagai warga asli Cirebon, seumur-umur ini kunjungan kedua kalinya ke kraton terahir kesini seinget gw jaman SD itu pun waktu ada acara Festival Keraton Nusantara.

Memasuki pelataran Keraton kita disambut jejeran pendopo dan gapura dari bata merah, yang sampai sekarang bentuk gapura ini banyak kita temuin di bangunan pemerintahan, perkantoran, sekolah maupun kantor-kantor swasta yang ada di wilayah Cirebon. Buat masuk ke keraton kita cuma diminta tarif masuk murah meriah 8 ribu perak. Di dalam area keraton ini, kita bisa ke museum senjata koleksi keraton yang ada di sebelah kiri bangunan utama keraton, di dalemnya banyak koleksi senjata n benda-benda peninggalan keraton yang banyak juga merupakan souvenir dari negeri lain. Dari situ kita ke bangunan utama keraton, sayang disini kita ga bisa masuk ke dalemnya. Di ruang utama keraton ini bentuknya kayak lobby/ hall yang emang difungsiin buat nerima tamu-tamu khusus sang sultan. Di depan bangunan ini ada sebuah gapura putih dengan corak mega mendung khas Cirebon. Di sini diliatin juga silsilah keluarga kerajaan, yang ternyata masih ada keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW.

Dari Bangunan utama keraton, kita ke arah kanan buat masuk ke museum kereta. Di sini kita bisa nemuin kereta pusaka keraton "Singa Barong". Sebuah kereta kayu yang katanya ditarik empat ekor kerbau besar/kkebo bule sebutan orang sini. Kereta ini punya bentuk unik, bagian depan nya ada kepala naga bertanduk emas dengan belalai n trisulanya, dan di bagian badan nya dua buah sayap. Keunikan bentuk kereta ini juga ngelambangin persahabatan erat keraton Kasepuhan sama kerajaan di luar negri, Belalai gajah ngelambangin  persahabatan dengan India, kepala naga dengan Cina n berbadan Buroq n bersayap ngelambangin persahabatan dengan Mesir.Selain koleksi kereta, ada juga lukisan Prabu Siliwangi yang ternyata proses pembuatannya banyak berhubungan sama dunia gaib. Menariknya dari arah mana pun kita ngeliat lukisan sang prabu ini matanya bakal terus natap mata kita.

Hari makin terik n panas, tapi perjalanan masih lanjut. Selanjutnya kita ngunjungin Tamansari Gua Sunyaragi yang dulunya juga merupakan taman air Keraton Kasepuhan dibangun sekitar tahun 1700-an. Sayang bayangan keindahan taman air ini udah jauh banget dari kenyataan, tempat ini ga kerawat n banyak sampah.
Ga lama keliling area Sunyaragi, kita blik ke hotel buat ngurusin check-in terus lanjut lagi urusan perut buat makan siang. Kali ini pilihan jatuh ke Empal Gentong n Empal Asem, gw demen banget nih sama makanan ini. Banyak banget pilihan rumah makan buat nikmatin makanan ini, terutama di daerah Batembat, gak jauh dari Kampung Batik Trusmi. Nikmatt banget daaahh!!
Abisa makan kita lanjut ke daerah atas, buat nikmatin suasana pegunungan. Tepatnya di Objek Wisata Air Cibulan, disini kita bisa nikmatin suasana ademnya pegunungan Ciremai n liat koleksi ikan dewa yang katanya gak boleh dimakan n merupakan jelmaan dari prajurit yang gak setia ke Prabu Siliwangi n dikutuk jadi ikan. [entah lah yaa...mitos]. Seger banget liat hamparan kolam dengan air bening gini, dingin banget lagi airnya. Pengennya sih nyemplung ke air, tapi ga deh tar jadi tontonan.hahaa Ahirnya kita mutusin buat terapi ikan aja yang ada di bagian belakang kolam, ikan yang dipake buat terapi ini namanya ikan Gararupa, bayarnya cuma goceng sejam. Awalnya sih geli-geli banget, tapi lama kelamaan jadi geli-geli nikmat...hahaa.
Perjalanan belum selesai ampe disini doank, dari atas kita turun lagi ke bawah. Untung hari udah agak sore, jadi udah ga panas banget. Tujuan selanjutnya adalah Kampung Batik Trusmi, disini lo bisa nyari batik dari harga seperak dua perak sampe ratusan ribu atau malah jutaan. Disini banyak pilihan showroom batik yang bisa didatengin, tinggal pilih deh..numpang ngadem n ngubek-ngubek dagangan mereka juga boleh. "Gak papa kok mas diacak-acak juga, emang udah kerjaan kita disini buat beresin" kata seorang pelayan showroom yang gw temuin. Huwaahh...makin semangat deh kita ngacak-ngacak!! [parraahh...!!!]

Malam makin larut, sewa mobil nya juga cuma setengah hari dari jam 10 siang sampe 10 malem doank. Lumayan masih ada waktu sekitar dua jam, gw ngajakin buat makan Docang, makanan paling unik versi gw. [wajib nyoba kalo lo ke Cirebon!!].
Masih ada kuliner yang belum kesampean yaitu Tahu Gejrot, keliling-keliling malem nyari tahu gejrot Pe-eR juga buat gw, tengsin juga depan boss gw kalo ga nemu.hahaa. Untung Alun-alun nyelametin gw, di balik remenya tukang dagang n kerumunan orang-orang di alun-alun sopir gw liat tukang Tahu Gejrot, duuhh sorrgaaa banget deh rasanya..[read : Lega]. Gak jauh dari situ juga ada yang jual Tahu Petis buat menu penutup malam ini. Kenapa judulnya tahu semuaa???

Pertemuan terahir sama para tahu bersaudara ini, nganter para "klien" gw ini balik ke hotel. Dan gw pun balik ke istana gw alias rumah sendiri. Besoknya kita balik ke Jakarta naik kereta jam 10 pagi. Sayang banget sih sebenernya buat gw, secara di rumah cuma numpang tidur n langsung balik lagi. Biasanya kalo gw balik ke rumah sabtu-minggu, gw biasanya baru balik ke Jakarta pake kereta senen paling pagi, jadi bisa langsung ke kantor.heee

Well, Short Weekend yang menyenangkan walaupun cuma jadi "guide" n sekedipan mata doank mampir ke rumah. Thanks my team, next kita bisa planningin buat traveling selanjutnya yaa!!!

1. wah boleh nih jadi tour guide jg kalo saya ke ciebon hehe :D

2. Yoyoyy..boleh aja bro kalo pas lagi di cerbon jg mah... ;))