April 22, 2014

Touch down Bangkok #Finalday

Gak kerasa udah empat hari gw di Bangkok, jujur sih gw betah banget disini. Kalo dapet kerjaan disini jg gw mau...sesuai cita-cita gw buat sekolah orkerja di luar negeri. heee

Pagi ini diabisin buat jalan-jalan di pasar sekitar hostel, lagi-lagi barang-barang yang didagangin gak jauh beda sama di Jakarta, ada buah-buahan, sayuran, alat rumah tangga, jajanan kayak gorengan, onde-onde dkk sampe batik juga ada lhoo...
 
Kelar muter-muter nyari sarapan, kita langsung siap-siap buat check out n ngadem sampe rada siangan di hotel sambil nunggu jam kepulangan kita. Untungnya flight kita jam 11 malem, jadi masih lumayan panjang banget ngabisin waktu di Bangkok dengan bawaan segambreng.heee

Berhubung barang bawaan juga makin berat, ahirnya kita mutusin buat jalan-jalan di sekitar Siam district, ada Siam Paragon, Siam Discovery, Siam Central, Siam Square yang semuanya mall...hadddeehh masuk mall dengan segambreng ransel carier di punggung n ransel kecil di depan itu berasa jadi tontonan orang-orang. tapi yaaah cuek aja deh gak ada yang kenal ini...hahaa

Sebenernya niat ke Siam ini cuma buat foto-foto di Madame Tussauds yang terkenal itu, tapi berhubung tiketnya mahal kita mutusin buat gak masuk, gak cukup kakaa...tinggal duit buat balik.hee lumayan bisa foto-foto di depan pintu masuknya aja, pas banget ketemu Tom Cruise lagi sendirian, kita ajak poto bareng deh.hihihii...


Berhubung suasana Bangkok masih Bangkok Shutdown yang rame sama ribuan orang yang seliweran depan mata, jadi jalanan di luar mall juga jadi banyak pedagang dadakan kayaknya di pinggiran jalan udah diblokir buat segala macem kendaraan. Iseng deh kita ikut ngebaur sama warga Bangkok sambil cuci mata nyari barang-barang lucu dengan harga miring pastinya, secara gak kuat deh kalo belanja di mall-mall yang tadi kita datengin itu...hahaaa
Hari udah makin sore, capek juga muter-muter, kita mutusin langsung berangkat ke Bandara Don Mueang. Dari shelter Siam kita naik BTS turun di shelter Mo Chit n lanjut naik bus yang ke arah bandara. Ada beberapa bis yang bisa kita tumpangin buat ke Don Mueang, bus no 510, 29 atau A1 yang emang khusus masuk bandara. Kita mutusin buat naik bus no 510, berharap bus ini bakal langsung masuk bandara, sayangnya sopir ataupun kondekturnya ga ada yang bisa bahasa Inggris, jadilah kita kebablasan sampai entah ada di daerah mana n kita baru nyadar kalo semakin jauh dari bangunan bandara yang tadi kita liat. Alhasil kita minta turun n langsung nyebrang buat nyari bus arah sebaliknya yang turun di bandara.fuiiihhh....
Note : Bus 510 rute nya emang lewat bandara Don Mueang, tapi gak masuk jadi kita kudu turun n nyebrang buat ke bandaranya.

Hari makin gelap, sambil nunggu buat check-in, kita makan malem n nyari oleh-oleh tambahan di toko duty free nya, siapa tau ada yang menarik. Sepiring nasi kuning n sepotong ayam cukup lah buat ganjel perut sampe Jakarta.hee
 
Jam 11.10 malem waktu Bangkok ahirnya kita udah siap take off ke Jakarta. Pesawat singa terbang dengan flight number JT 8002 siap nganter kita balik kampung. Awal take off sih aman-aman aja n bisa dinikmati sampe ketiduran, tapi di tengah perjalanan tiba-tiba ada turbulance kenceng banget apa lagi ujan gede plus petir yang udah nyamber-nyamber makin bikin spooky suasana di pesawat.

Aaaakkk....berasa dijatohin dari ketinggian beberapa meter rasanya, di bagian belakang ada penumpang yang udah treak-treak juga makin bikin panik. Segala doa diucapin, biar kita bisa sampai Jakarta dengan aman. Dua kali ngerasain turbulance yang kenceng banget, sampe gw kira udah landing di Soeta ternyata belom n masih di udara.fuuiiihhhh

Alhamdulillah ahirnya bisa ngeliat daratan Jakarta juga, pikiran makin positif n yakin bakal sampe dengan selamat terwujud. Makasih ya Allah....
Dari bandara Soeta ahirnya kita bertiga misah ke rute masing-masing dengan taksi sendiri-sendiri. Ujan angin kenceng nganterin kita sampe ke rumah masing-masing....
*kayaknya seru kalo di kasih backsound, lagi duduk manis di taksi sepanjang perjalanan sambil mandangin ujan....hahaaa

Thanks All...buat pengalaman serunya bareng kalian...Next Destination ya genkz...

See You again Bangkok......Khop kun khap....

March 28, 2014

Touch down Bangkok #Day3

Yeaah third day in Bangkok, n today is Bangkok shutdown..

Unfortunately, gw liburan di tengah negeri yang lagi heboh n konflik pemerintahan. Tapi ini pengalaman yang seru n beda dari perjalanan-perjalanan gw sebelumnya. Balik dari keliling Bangkok hari kedua, gw rada was-was sebenerny sma isu Bangkok shutdown ini. Langsung deh, disaat temen2 gw yang lain udah pada ke alam mimpi, gw lari ke lobby n mantengin komputer yang emang free using buat yang nginep disini, buat browsing info tentang Bangkok shutdown.

Beres sarapan sambil ngopi-ngopi ganteng depan tv sambil nunggu update kondisi kota hari ini. Beberapa spot kota Bangkok hari ini bakal didudukin para demonstran yang jumlahny ribuan bahkan mungkin bisa jutaan, rencana Bangkok shutdown ini katany bisa sampai 20 hari kedepan.damn!! So, gw harus muter otak buat tujuan jalan-jalan hari ini. Tadi ny emang mau ke Pattaya, buat nonton kabaret show cuma ga jadi karena budget yang terbatas.haha Ahirnya kita mutusin buat jauhin jalur darat, so kita kudu naik boat lagi buat keliling kota. Tujuan pertama kita ke Khaosan Road.
Buat ke Khaosan Road, dari dermaga Central Pier seperti biasa naik boat orange flag yang murah-meriah, kita turun di dermaga N13 (Phra Arthit). Keluar dari dermaga kita nyusurin jalan Phra Arthit ke kiri sampe ketemu Phra Sumen Fort, benteng peninggalan sejarah kota ini. Terus aja ikutin jalannya sampe ketemu perempatan Chakrabongse road belok kanan, sampe ketemu kuil Wat Chana Songkhram, nah Khaosan road ada di seberangnya.
 
Welcome to Khaosan road area. Di kanan kiri lo bakal nemuin banyak banget toko-toko souvenir, tempat makan, hostel, cafe, bar segala macem ada deh. Sayangnya gw dateng masih kepagian. Karena emang disini ramenya kalo udah malem kan bro. Nyampe pagi disini masih banyak toko yang tutup, tapi banyak juga yang udah buka. Tapi mata gw langsung ketuju sama grobak makanan yang kayaknya udah rame sama pelanggan nya. Yupp, gw nemuin  Padthai yang terkenal itu.ahhaayy....
 
Gak mikir panjang langsung gw pesen, ternyata ga cuma padthai menunya. Banyak menu pilihan lain nya disini. Sepiring mie goreng telor, yang dicampur toge n sedikit potongan sayur plus taburan kacang tumbuk kasar. Sepanjang jalan yang kita lakuin ga lebih dari keluar masuk toko buat nyari kaos/souvenir lain nya sampe ketemu yang cocok, sampe tengah hari. Bingung mau kemana lagi, ahirnya kita mutuain buat cabut dari Khaosan road. Tapi alhamdulillah yaah..mata kita ditunjukin sebuah plang bertuliskan masjid. Kaget juga sih diaini gw bisa nemu masjid, diantara jejeran tempat hiburan duniawi.

Masuk gang kecil, gw nemuin beberapa tempat makan yang halal pastinya. Ga jauh masuk gang gw langsung ketemu sebuah bangunan masjid yang bentuknya memang ga kayak masjid umumnya di Indonesia. Bangunanya lebih berasa kayak rumah n homey. Alhamdulillah bisa nunaiin sholat duhur plus jamak ashar disini, sambil sedikit ngobrol sama salah satu jamaah masjid yang ternyata dari daerah Thailand selatan, untungnya dia bisa bahasa melayu. Karena emang daerah sana masih kepengaruh sama bahasa n budaya melayu yang berbatesan langsung sama Malaysia.
Beres dari keliling Khaosan road, kita balik lagi ke dermaga Phra Arthit , tapi sebelumnya kita ngadem dulu sambil foto-foto di taman pinggiran sungai Chao Phraya deket benteng Phra Sumen dengan latar belakang salah satu landmark kota Bangkok yaitu Rama VIII Bridge. Banyak bule-bule yang lagi duduk-duduk manis berjemur disekitar taman. Gak nemu pantai bantaran kali pun jadi yee...hahaaa

Selesai urusan sama Khaosan road, kali ini gw mau nyari oleh-oleh Thaitea yang terkenal itu. Yapp...Nestea Thai tea namanya. Udah nyari-nyari ke beberapa toko semacem sevel ga ketemu, ahirnya dari hasil browsing-browsing gw nemu petunjuk juga, salah satunya ada di supermarket Tokyu di dalem MBK Center (Mahboonkrong). Buat nyampe ke MBK kita naik BTS dari Sarphan Taksinturun di National Stadium. Amazed juga liat penuhnya pengunjung mall bisa pada duduk-duduki manis sambil bawa tenda..kok mall bisa gini yaa??Wait..!!!Ini Bangkok Shutdown!!!

Huwaaa....ribuan orang penuh sesek menuhin tiap sisi jalanan, taman depan mall MBK apa lagi dalemnya. Gak beda jauh sama di MBK, di Mall Terminal 21 juga gak kalah ramenya. Disini gw nyempetin diri buat beli kalung peluit yang dikalungin pake pita bendera Thailand, ikut-ikutan berbaur sama warga foto-foto depan giant flag, intinya nyamar jadi demonstran laah...secara muka masih mirip-mirip lah yaa..heee
 
 
 
Hari ini, ribuan warga Thailand bersatu buat aksi damai turun ke jalan, fenomena menarik. 
Bendera Thailand berkibar dimana-mana, iket kepala, hand band, topi, kaos, gantungan peluit di leher n semuanya bercorak bendera Thailand jadi pemandangan umum disini. Merinding n terharu juga gw ada di tengah ribuan rakyat gini. Makin merinding saat mereka niupin peluit bareng ngedukung tokoh-tokoh yang lagi orasi depan mall. Sebuah reformasi buat negeri gajah putih..moga ga ada korban jiwa.

February 12, 2014

Touch down Bangkok #Day2

Sawasdee Bangkok...
lagi-lagi cuma kata ini yang gw tau buat nyapa orang disana..hahaa

Selamat Pagi Negri Gajah Putih.....
Alhamdulillah malem tadi gw bisa tidur pules. Biar cuma tidur di hostel dengan harga merakyat tapi fasilitasnya ga kalah lah ya sama hotel-hotel standar. Spring bed empuk dengan bedcover tebel buat ngangetin badan dari dinginya AC, bathroom dengan hot water  walaupun harus shared bathroom sama yang lain, free breakfast beberapa lembar roti dengan pilihan selai service sendiri sesuka hati.hahaaa

Pagi ini kita siap keliling kota Bangkok. Seperti biasa, keluar dari hostel kita jalan kaki ke stasiun BTS Surasak yang ga jauh dari hostel kita, buat meluncur ke stasiun BTS Saphan Taksin yang cuma beda satu stasiun doank. Dari Saphan Taksin kita pindah alat transportasi ke jalur air alias naik boat express tepatnya di Dermaga Central Pier. Ada beberapa pilihan boat yang bisa dipilih, ada Chao Phraya Tourist Boat yang bendera biru khusus buat turis-turis yang mau ke tempat-tempat wisata n daily pass jadi bisa seharian bebas naik turun boat kemana aja harganya 150 Bath, ada juga yang bendera kuning, orange, merah, ijo n tanpa bendera, masing-masing warna bendera punya rute sendiri-sendiri. Semuanya tergantung selera. Kalau kita milih boat yang bendera orange dengan harga 15 Bath sekali tujuan. Teknis rutenya persis kayak BTS, perahu yang kita naikin bakal nyusurin sungai Chao Phraya dan bakal berhenti tiap dermaga yang kita lewati.
 
Grand Palace
Setelah nyusurin sungai Chao Phraya sekitar setengan jam ahirnya kita sampai juga di dermaga tujuan pertama Tha Tien Pier (nomor N8 kalau dari peta dermaga). Yeaahh...here we come...Grand Palace. Keluar dari dermaga kita udah langsung nemuin tembok tinggi putih yang muterin areal Grand Palace, tinggal ke arah kiri nyusurin jalan seberang Grand palace yang emang rame banget sama pedagang souvenir, makanan n "Jimat" yang emang orang sini pada percaya beginian.

Masuk ke Grand Palace ada aturan yang ga boleh dilanggar, yaitu ga boleh pake pakean kebuka. Buat cewek harus baju yang sopan minimal ga pake tanktop n rok mini apalagi hotpants, buat cowok ga boleh pake tanktop n celana pendek. Sebenernya kita sih udah tau aturan ini, so gw n temen-temen gw emang niat buat bawa sarung buat nutupin celana pendek kita. Sayangnya cuma si Asho yang boleh masuk, ternyata cowok juga ga boleh nutupin kakinya sama sarung...haddeehh (maen donk pengurusnya ke Indonesia, ini pakean adat kita gitu) hahaaa. Jadilah kita harus sewa celana yang emang udah disiapin buat para pengunjung, sewanya free cuma emang kita harus bayar deposit dulu 200B yang bakal dibalikin pas kita keluar. Kepaksa deh nih pake celana yang biasa gw liat dipake sama temen-temen nya Wong Fei Hung buat maen kungfu. But show must go on yee...

Buat masuk ke Grand Palace kita harus bayar 500B atau sekitar 200 ribu rupiah buat tiket masuknya, harga yang kayaknya emang mahal banget sih ni apa lagi ga ada privilage tambahan macam minum or cemilan gitu buat nemenin muter-muter ditengah terik hari gini, cuma dapet pamflet bahasa thai yang ga juga gw ngerti apa maksudnya. Kuil-kuil and kuil, tapi emang luas banget ni tempat. Banyak spot-spot menarik buat foto n dapet sedikit belajar sejarah negri gajah putih ini dari museum nya juga. Yang paling terkenal dari tempat ini kuil Budha emerald nya, sayang ga boleh foto-foto di dalemnya.
  
 ~*~
Wat Pho
Fuiihh capek muter-muter Grand Palace paling pas cuma air mineral dingin pelepas dahaga, kayaknya sorga banget gitu nemu air di tengah terik gini. heee
Tapi ternyata ada yang lebih menggoda. Marna merah mening langsung memikat mata gw, apa lagi ada yang udah dingin, jus delima peres emang pilihan yang pas, disini delima nya gede-gede n menggoda, tinggal ambil n angsung cessss di tenggorokan. Harganya 50B satu buah langsung diperesin lagi sama yang jual..asli fresh...
 
Belum selesai perjalanan kita sob, kali ini gw mau ke Wat Pho yang terkenal sama patung Budha tidurnya. Buat masuk kesini kita harus bayar tiket 100B atau sekitar 40 ribuan, udah dapet free air mineral. Naahh gini doonk harusnya di Grand Palace. Di Wat Pho ga banyak peraturan tentang pakaian, gw bisa keluar masuk pake celana pendek ke beberapa kuil kecil di area Wat Pho ini. Di Wat Pho banyak stupa-stupa kecil n beberapa kuil Budha yang emang rame dikunjungin wisatawan maupun orang yang mau ibadah, saling menghormati aja intinya.
 
 ~*~
Wat Arun
Dari Wat Pho ke Wat Arun, kita tinggal nyebrang naik perahu  yang emang khusus buat ke Wat Arun, cukup bayar 3B sampailah kita di Wat Arun. Beda dari kuil-kuil sebelumnya yang kita datengin, di Wat Arun kita bisa naikin stupa candinya yang ternyata lumayan ngetes adrenalin juga bentuknya. Kemiringannya hampir 90 derajat gw rasa. Pas naik mungkin ga masalah, giliran turunya PR banget...hahaahaaa

Btw di Wat Arun ini juga recomended buat beli oleh-olehsouvenir kayak kaos, tas, gantungan kunci or magnet kulkas. Lebih murah dari pada di tempat lain, apa lagi istimewanya disini, lo ga usah pusing-pusing buat ngomong pake bahasa bangkok, inggris atau juga bahasa kalkulator, disini yang jualan pada bisa bahasa Indonesia, price tag, nama barang, tulisan warna nya juga semua pake bahasa Indonesia, n kalo lo keabisan duit Baht, ga usah pusing-pusing buat nyari money changer, disini lo bisa bayar pake rupiah brooo..hahahaaa asiikk banget dahh!!! (1 Baht diitung Rp.400).
 
   ~*~
Asiatique
Gak kerasa hari makin gelap, saatnya kita nikmatin kehidupan malem kota Bangkok. Bosen seharian sama suasana kuil, saatnya kita jadi anak nongkrong Bangkok apa lagi ini malem minggu...heee
Kali ini kita mau ke Asiatique Night Market yang emang buka mulai matahari redup. Salah satu tempat ngumpulnya anak muda Bangkok buat makan or sekedar nyari souvenir n barang-barang unik lain nya. Disini banyak berjejeran tempat makan eksklusif yang pastinya ga murah sih yaa...hee
Buat kesini dari Wat Arun kita balik lagi ke dermaga awal keberangkatan kita di Central Pier, turun n pindah jalur antrian boat yang khusus buat ke Asiatique. it's free!! (siap-siap antrian panjang).
 
 ~*~
Patpong
Katanya ke Bangkok ga lengkap mampir ke Patpong, kata siapa?? kata gw aja sih broo...hahahaaa
Ini nih salah satu red line nya kota Bangkok, beres dari Asiatique perjalanan dilanjutin ke Silom night market. Turun di Central Pier kita pindah naik BTS di stasiun Sharpan Taksin n turun di stasiun Silom. Di bawah stasiun ini banyak berjejeran penjual souvenir khas Bangkok, kaos sampe sepatu New Balance KW juga ada.hee Tapi yang lebih seru adalah kita banyak nemuin barang-barang yang kalau di Indonesia gak mungkin dijejerin di pasar malem gini. Yaah disini banyak berjejeran penjual sex toys n DVD ++, obat kuat juga pasti ada gw rasa.hahaa Dan kalau masuk ke gang-gang di sekitar nya bakal banyak nemu bar n lounge yang emang rame banget sama musik ajep-ajepnya.

Yang paling menarik pas kita lewatin Patpong, dikanan kiri sepanjang jalan banyak striptease bar yang nawarin ping-pong show, yaah semacam adegan film dewasa live tapi absurd banget.heee Walaupun gw ga masuk, tapi gw bisa liat dari luar cewek-cewek setengah bugil dah siap ngeliuk-liuk di tiang besi ngikutin musiknya. cukup nikmatin dari luar aja deh gw..hahaaa
Hari makin malem n badan udah pegel semua, pengen cepet-cepet balik hostel tapi perut keroncongan. Bingung mau makan dimana, ahirnya kita ngikutin jalanan aja lurus, rada jauh sih tapi feeling gw ini nembus ke jalan hostel n ternyata bener. Untung depan hostel ada restoran Chili Padi khas Melayu, alhamdulillah nya masih buka ahirnya rasa laper kita terobati semangkok Tomyum n sepiring cah kangkung. Kenyang n damai sejahtera...kita bisa meluncur ke alam mimpi dengan damai.

Next Touch down Bangkok #Day3