6.27.2013

Cuma 3,5 Jam Bikin Paspor

Ngomongin masalah bikin paspor ternyata ga seribet yang gw kira. Ini gw mau share aja pengalaman gw bikin paspor yang cuma sekitar 3,5 jam doank di Kantor Imigrasi Jakarta Barat, dihitung dari kantor mulai di buka di jam 08.00. Gw dah niat banget buat punya paspor, siapa tau ada rejeki n kesempatan dapet Scholarship buat S2 di luar negeri.heee [AMIN].

Jakarta masih gelap waktu gw buka mata buat siap-siap ke Kantor Imigrasi Jakarta Barat yang ada di daerah Kota Tua, lumayan jauh juga dari tempat tinggal gw yang ada di sekitaran Kebon Jeruk. jam 6 pagi gw cabut, berharap jalanan bisa bersahabat. 

2 minggu sebelumnya gw udah daftar buat pengajuan Paspor on line lewat websnya Ditjen Imigrasi. klik aja bagian Layanan Permohonan Paspor on line, pilih Pra Permohonan Personal, lanjut isi data diri, abis itu juga upload hasil scan KTP, Kartu Keluarga, Akte or Ijasah tipe gray schale. Setelah itu baru kita pilih tanggal kedatangan n tempat pengurusannya mau di kantor imigrasi mana. Kalo udah kita dapet surat pengantar dengan no khusus yang wajib dibawa saat pengurusan paspor di kantor imigrasi sesuai tanggal yang udah kita pilih.

Kalo bisa gw jabarin, detail minutes by minutesnya kayak gini nh...
06.30
Gw sampe di Kantor Imigrasi Jakarta Barat, di daerah Kota Tua Jakarta. nunggu kantor buka
07.30
Beli map di loket foto copy deket kantin, abis itu langsung ambil formulir pengajuan.
08.00
Pelayanan emang baru dibuka jam 08.00 langsung ambil antrian, gw dapet no antrian ke 7, ga lama nama gw dipanggil buat pemberkasan di Loket 1 khusus pengajuan Paspor On line.
10.00 
Lama juga nunggu nama gw dipanggil buat lanjut ke Kasir, disitu gw ngantri lagi n dapet antrian no. 25. fuiihh...
10.30 
Dipanggil ke kasir buat pembayaran, sesuai aturan gw cuma diwajibin bayar Rp. 255.000
10.40 
Ga lama nunggu gw dipanggil ke ruang wawancara & pemotretan, ngantri dapet no. 6 nunggu lima menit langsung dipanggil buat foto dulu, soalny masih ada orang di meja wawancara
11.07 
Gw mulai diwawancara, standar sih cuma ditanya tujuan bikin paspor n mau kemana, sempet juga yang ngewawancarain gw nanya kuliah gw yang gak nyambung sama kerjaan gw di dunia media, santei banget kok suasananya..
11.30
Gw beres wawancara n disuruh ngambil paspor yang udah jadi sekitar semingguan lagi.

*) Finally done n gw punya paspor...heee  ^___^

No comments:

Post a Comment