6.01.2012

Prepare Mudik Lebih Awal..Penting yaak??

Mudik oooh mudik...

Mungkin sebenernya udah bukan jadi hal yang luar biasa lagi seharusnya buat sebagian besar orang kita. gimana enggak? tiap tahun fenomena mudik udah jadi trend tersendiri bahkan kalo di jaman sekarang gw yakin bakal jadi Trending Topic di Twitter. Udah jadi tradisi kalo kata orang tua...hee

Tiap tahun semua bentuk angkutan rakyat bakal penuh sesek sama orang-orang yang mau pulang kampung. ga di Terminal, Stasiun, Pelabuhan, Bandara, sampe panggkalan angkot gw yakin pasti bejubel. dan dah tiap tahun juga bakal jadi tradisi pihak-pihak terkait buat naikin harga tiket dari harga normal biasanya, alias Tuslah. sayang gw rasa pelayanannya gitu-gitu aja, ga ada yang berubah. 

Parahnya lagi tiap tahun juga kita harus siap-siap buat ngantri tiket jauh sebelum keberangkatan, paling ga 3 bulan sebelumnya. kayak yang gw alamin sendiri. seperti biasa gw bakal mudik ke Cirebon, kampung halaman tercinta, kalo naik kereta dari Jakarta cuma 3 jam. Tapi buat dapetin tiketnya gw harus beli 3 bulan sebelumnya.

Thanks GOD, sistem penjualan tiket sekarang udah digampangin lagi, gw udah bisa beli tiket mudik ke mini market yang udah banyak ditemuin di sekitar rumah kita. prosesnya ga jauh beda kalo kita beli di stasiun langsung, soalnya sistem yang ada di mini market udah nge-link juga sama sistem penjualan tiket di stasiun. Jadi kita bisa update sisa tiket yang ada buat tanggal keberangkatan kita. kalo oke kita tinggal bayar n nukerin struk pembelian ke stasiun, maksimal 3 jam sebelum keberangkatan. cuma emang harganya, di mini market ini kita kena charge tambahan. tapi lumayan lah dari pada kita harus antri panas-panasan di Stasiun. 

Buat mudik tahun ini alhamdulillah gw dapet tiket di H-3 Lebaran sesuai planing. walopun kenaikanya sampai 60% sendiri. fuuiiihhh....n gak cuma harganya yang cukup lumayan tinggi, sisa stok yang ada juga bikin gw makin kaget, gimana enggak, sisa stok H-3 yang gw cari banyak yang udah ludes. Kalo kata pihak KAI sendiri buat tahun ini ga ada Tuslah, yang ada tarif batas atas n batas bawah. Jadi ada batas harga tertentu berdasarkan hari keberangkatannya, yang pasti makin deket lebaran makin mahal harganya.hee 

Yaah..mau gak mau juga sih, prepare mudik lebih awal gini. walopun males n ribet juga buat hunting tiketnya, tapi yaaah demi kelancaran n kenyamanan mudik gw...gw milih prepare lebih awal...
Kalo lo gimana..?? :)

by the way, buat yang mudik pake kereta gw update dikit peta rute kereta di Pulau Jawa saat ini..or check buat ketersediaan kereta n harganya di sini.


1 comment: