6.19.2012

One Day Leave (Sekali dayung 3 tempat ketuju) #Part 1


Ini baru namany “Sekali ngedayung 2-3 pulau terlampaui”. Sehari cuti gw dapet banyak hal seru dan menarik seharian. Awalnya niat cuti hari Rabu ini cuma buat ngabisin waktu seharian buat bikin Paspor di Kantor Imigrasi Khusus I Jakarta Barat. Alhamdulillah sekarang udah ada pengurusan Paspor On Line, jadi lebih menghemat waktu katanya. Kalo pembuatan Paspor “kontemporer” alias yang emang udah dari dulu ada biasanya bias ngabisin waktu bolak balik ke Kantor Imigrasi sampe 3 kali, tapi berkat kecanggihan teknologi semua itu bias lebih dipersingkat jadi 2 kali. Sehari buat ngasih berkas data diri, pembayaran, sampe interview n pemotoan, sehari berikutnya buat pengambilan Paspor yang udah jadi, jedanya semingguan. As simple as that..nanti gw critain lebih detail tentang pembuatan Paspor gw yang Cuma 3,5 Jam jadi.
Rabu, 13 Juni 2012.

Adzan Subuh Jakarta ngebangunin gw... Dengan sepenuh tenaga buat ngumpulin nyawa gw langsung ambil wudhu dan solat subuh. Ga lama langsung mandi buat siap-siap ngejalanin misi gw ngambil cuti sehari ini. Yaah sesuai rekomendasi dari beberapa temen n baca dari hasil maen bareng mbah google, ternyata bikin paspor itu bisa ngabisin waktu seharian, itu mungkin yang bikin orang-orang pada males ngurus sendiri n harus rela berbagi rejeki ama para calo yang kayaknya udah biasa seliweran di sini. Ajegillee…harga jasa calo ama harga ngurus sendiri bias 2x lipet lebih brosist!!amit dah gw mah, mending buat yang laen..hahaha (Merki yee). ;p

Beres siap-siap n cek smua kelengkapan berkas pengurusan paspor gw langsung meluncur dari kosan gw di daerah Kebon Jeruk ke daerah Kota Tua dimana Kantor Imigrasi Jakarta Barat berdiri. Jam 6 lewat dikit, gw tancap motor kesayangan walopun msh “kredit” nganter gw kesana. Sengaja gw berangkat lebih pagi biar ga kena macet n makin kucel di jalan (ettdaahh). Untung jalanan ga macet, paling cuma padet ngerayap aja tiap deket prapatan lampu merah. Sekitar 20 menit gw nyampe sana, n wow udah ada orang juga walopun belum terlalu rame. Ternyata pengambilan nomor antrian buat pembuatan paspor baru dibuka jam 8 pagi. Ajegilee bisa jamuran gw..L tapi ternyata jam 8 kurang petugas udah mulai nyalain mesin n nyambut wajah-wajah imut kami (plakkk...apa kabar itu para oma-opa di blakang antrian). Dari sini proses pembuatan paspor dimulai.

Ga berasa Cuma sekitar 3,5 jam pengurusan paspor gw. Hahaiiyyy...lupa ama cerita kelam dari hasil googling tentang pengurusan paspor yang bisa sampe malem. Well, gw cuti seharian gituh, masa langsung pulang gitu aja beres urusan. Apa lagi kantor imigrasi sini ada di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta yang persis sebelahan sama Museum Keramik. Jadilah gw “berlibur” ala turis sendirian. Emang dah niat gw bawa kamera buat poto-poto sambil nunggu pembuatan paspor, setelah tau kalo kantorny persis di kawasan Kota Tua. Hee [niattt].

Kayak yang dibilang sebelumnya kalo Kanim (Kantor Imigrasi) Jakarta Barat ini ada di sebelah Museum Keramik, di depannya juga bediri Kantor Pos Besar dengan bangunan klasik khas jaman kolonial. Dan depan kantor pos sendiri ada Museum Fatahillah alias Museum Sejarah Jakarta, ga jauh dari Museum Fatahillah tepatnya di seberang Museum keramik ada Museum Wayang. Mau masuk Museum Fatahillah, tapi udah pernah. Alesan lainya sih yaa emang karena banyak banget para abg-abg yang lagi kunjungan or cuma sekedar hunting foto dengan kamera SLR nya yang dikalungin di leher biar berasa keren aja gituuh..[eeh pliss deh]. Padahal isinya kenarsisan pribadi. [okeh makin ngelantur gw ntar kalo ngomongin para ababil-ababil ini yang biasa gw liat tiap hari di kantor buat nonton acara musik Dahsyat].hahahaa

Museum Fatahillah
Museum Keramik


Baru pertama ini gw masuk Museum Wayang. Beruntung juga di hari yang sama lagi ada workshop pembuatan Wayang Beber [kaya nyebut bebek ujungnya diganti “R”]. Cuma dengan ngeluarin duit 2000 perak kita bisa ngenalin salah satu akar budaya bangsa berupa wayang lebih dalem lagi.

Mulai napakin pintu masuk kita udah disambut deretan wayang dalam etalase dan patung wayang yang lumayan gede di antara etalase yang ada. Wayang dari berbagai daerah di negeri kita dengan bentuk yang beraneka raga mini cukup bikin gw penasaran. Ga cuma wayang "lokal" alias asli Indonesia, di sini juga banyak wayang atau boneka dari negeri sebrang. Biar wayang-wayang ini bisa bergaul di dunia internasional kali yak tujuannya. Museum ini terdiri dari 2 lantai dengan luas bangunan yang cukup gede.


Fuiiihhh...berasa juga keliling-keliling museum sendiri, seru banget pastinya. Ga kerasa, makin terik dan teriknya Jakarta hari ini paling enak ditutup dengan sebungkus es potong. Kebetulan persis di depan museum ada abang-abang yang jual es potong, beuuuhh...legend banget nih hari gini masih ada yang jualan es potong, jajanan gw jaman SD masih ditemuin di sini. mungkin bisa dibilang warisan budaya juga kali yeee...heee 

 (Favorit gw es potong ketan item) hmmmmmm...........

Ternyata perjalanan hari ini ga selesai sampe disini..masih ada yang lebih seru juga malemnya...
(Next Story yaa).

No comments:

Post a Comment